Ini yang harus kita lakukan di tengah Serangan Pandemi Virus Corona !

Dunia sekarang sedang di gemparkan oleh serangan Virus Corona, banyak korban yang sudah berjatuhan, dan ekonomi duniapun ikut terdampak, banyak negara yang sudah melakukan Lockdown. Sampai-sampai WHO meningkatkan status virus Corona Covid-19 ini menjadi pandemi. Teman-teman bisa search sendiri apa itu pandemi atau mungkin teman-teman semua sudah mengerti jadi aku gak perlu menjelaskan apa itu Pandemi.

Aku akan membagikan tips apa aja yang harus kita lakukan di tengah serangan Virus Corona ini, yang jelas ini pendapat aku pribadi yah, teman-teman sangat boleh menambahkan atau bahkan tidak setuju dengan tulisan ini hehe ..

1. Mengikuti Perintah Pemerintah

Pemerintah Indonesia sudah memberikan imbauan kepada kita warga Indonesia untuk tidak melakukan kegiatan di luar pada saat ini, hampir seluruh sekolah di Indonesia sudah di liburkan oleh pemerintah, dan Ujian Nasional juga sudah di tiadakan.

Pekerja kantoran juga sudah banyak yang bekerja dari rumah masing-masing. Dan untuk yang masih bekerja di kantor atau di luar kantor di sarankan untuk tetap menjaga kebersihan dan kesehatan dengan tetap mengikuti arahan pemerintah yaitu menjaga jarak dan selalu cuci tangan, dan langsung mandi ketika sudah sampai dirumah.

2. Mengikuti Fatwa Majelis Ulama Indonesia

Bagi kita yang beragama Islam kita wajib mengikuti perintah ulama-ulama kita yang memberikan tata cara beribadah di tengah Virus Corona ini, karena mereka orang-orang yang pintar sanadnya jelas dan mereka memegang tanggung jawab ummat.

Teman-teman bisa search di google Fatwa MUI tentang virus Corona bagi yang ingin tau apa saja perintah/anjuran MUI untuk kita beribadah

3. Jangan Latah berbelanja

Ketika sedang masa genting seperti ini aku melihat banyak yang latah dalam berbelanja, kalau aku menyarankan buat kita lebih hemat di saat-saat seperti ini dan belilah barang yang penting-penting saja dan secukupnya jangan menumpuk-numpuk barang karena kita gak tau banyak orang yang malah betul-betul membutuhkan malah tidak dapat karena barang kehabisan.

4. Stop Menyebarkan Berita HOAX 

Di saat genting seperti ini kita tidak hanya melawan virus Corona saja tapi juga melawan berita-berita Hoax dari berbagai sumber yang tidak jelas, mulai sekarang yuk bijak dalam menshare berita-berita, kita wajib loh untuk mencari kebenaran berita tersebut sebelum membagikannya kepada yang lain.

Bukan hanya berita hoax berita yang fakta tapi kalau itu berita yang bikin orang khawatir kalau bisa jangan di bagikan yah, karena kita tidak bisa tau ketakutan setiap orang berbeda - beda. Bahkan dalam penelitian rasa khawatir atau takut berlebih membuat sistem imun kita menurun jadi stop menyebarkan berita-berita yang tidak baik yah.

5. Perbanyak Sedekah

Bagi yang muslim pasti sudah pada taukan kalau sedekah adalah salah satu cara Allah untuk menghindari kita dari segala macam musibah buruk yang tidak kita inginkan termasuk musibah Virus Corona ini, nah sedekah di masa yang sempit seperti ini juga mempunya nilai pahala yang sangat besar di sisi Allah.

Ingat yah kita harus bergotong royong dalam menghadapi Virus Corona ini, kebersatuan kita dalam bernegara di lihat dari sini, jika kita punya rejeki lebih bisa bantu mereka yang bekerja mencari rezeki di luar sana seperti ojol, kita bisa membeli makanan tanpa harus keluar kalau bisa pesanan yang kita pesan itu buat mereka, dan kita bisa menambahkan tip untuk mereka agar mereka bisa senang.

Mungkin ini dulu yang bisa aku bagikan ke teman-teman apa aja yang harus kita lakukan di tengah serangan Virus Corona ini, semoga bermanfaat jika masih ada lagi bisa tulis di kolom komentar yah biar kita bisa sama-sama membagikan manfaat.

7 Komentar

  1. Betul, sebaiknya jangan bepergian keluar rumah dulu kalau ngga penting-penting banget.
    Serem soalnya ..., virus yang tak tampak bisa nempel dimana-mana karena mudah terbawa angin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kecuali kalau mendesak ya mas. misal ambil uang di ATM dll

      Hapus
  2. Setuju mbak, memang lebih baik ikuti anjuran pemerintah untuk tetap di rumah saja, untuk yang keluar rumah karena ada perlu, jaga jarak dengan orang lain minimal 1 meter ya.

    BalasHapus
  3. stop nyebarin hoax ini bener banget mba. harus hati-hati kalau mau share di media sosial, rawan sekali di hari-hari ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. di group WA banyak sekali hoak ya gan.... sy kadang heran sendiri, untuk apa merweka menyebarkan HOAKS

      Hapus
  4. jadi intinya stay at home wae atuh,,, work from home (WFH)

    BalasHapus
  5. ikuti aturan pemerintah, pemerintah sudah menghimbau dan sepatutnya sebagai warga mengikutinya. kantorku juga memberlakukan WFh meskipun masih dibuat shift.
    nggak keluar rumah kalau nggak urusan penting

    BalasHapus